logo
Iklan Tengah Iklan Header
Runing teks
GEMPA BUMI BERKEKUATAN 7,7 SK TERJADI DI PALU# AKIBAT GEMPA BUMI, PANTAI PALU DITERJANG TSUNAMI# KETINGGIAN TSUNAMI MENCAPAI 1 HINGGA 2 METER# PILPRES 2019 : JOKOWI - MA'RUF AMIN NO URUT 1 , PRABOWO - SANDI NO URUT 2 # SITUS PENDAFTARAN CPNS 2018 RESMI DIBUKA# PENDAFTARAN CPNS 2018 DIBUKA 26 SEPTEMBER MENDATANG #ITIJMA ULAMA KE 2 RESMI DUKUNG PRABOWO - SANDI DI PILPRES 2019# IDRUS MARHAM DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA OLEH KPK# IDRUS MARHAM MENTERI PERTAMA KABINET JOKOWI YANG TERSANDUNG KASUS KORUPSI#ASIAN GAMES 2018 : TIMNAS SEPAK BOLA INDONESIA GAGAL MASUK PARTAI 8 BESAR#JOKOWI PILI MA'RUF AMIEN JADI CAWAPRES#PRABOWO PILIH SANDIAGA UNO JADI CAWAPRES # SEORANG AYAH DI PROVINSI JAMBI TEGA MEMBUNUH ANAKNYA YANG MASIH BALITA#TERMINAL BARU BANDARAA AHMAD YANI MULAI DIBUKA#KPK MALAYSIA PERIKSA NAJIB#PEDROSA PUTUSKAN HENGKANG DARI REPSOL#POLRES JAKSEL TANGKAP DUA PELAKU VANDALISME DI FLY OVER MAMPANG#MENKES SIAPKAN 3.910 FASILITAS KESEHATAN DDISEPANJANG JALUR MUDIK#SEORANG RESIDIVIS DISEMARANG DITANGKAP KARENA MEMBAWA PAKET SABU#KOKMISI 1 DPR RI DAN PANGLIMA TNI RAPAT BAHAS KETERLIBATAN TNI DALAM PENANGANAN TERORISME#CYBER CRIME POLRI, BAWASLU DAN KPU PANTAU KAMPANYE PILKADA LEWAT MEDSOS#PEMERINTAH AUSTRALIA BUKA KRAN IMPOR MANGGA DARI INDONESIA# SATU WNI DI MALAYSIA DI TANGKAP, DIDUGA TERLIBAT JARINGAN ISIS#MUI MINTA DPR TRANSPARAN MEMBAHAS UU LGBT# MK PUTUSKAN PARTAI POLITIK HARUS DIVERIFIKASI FAKTUAL UNTUK IKUT DALAM PEMILU 2019#2 WNI SANDERA JARINGAN TERORIS ABU SAYAF DI BEBASKAN DI FILIPINA#TIMNAS U16 MENJALANI PUSAT PELATIHAN DI JEPANG#ANGKASA PURA II KELOLA BANDARA INTERNASIONAL JABAR#INGGRIS WASPADA ANCAMAN MILITER RUSIA#NELAYAN CANTRANG KECEWA PEMBATASAN WILAYAH LAUT#PALESTINA CARI DUKUNGAN UE LAWAN TRUMP#EMPAT PASANGAN BAKAL CAGUB DAN CAWAGUB JABAR JALANI TES KESEHATAN 11 JANUARI #KPK TETAPKAAN STATUS TERSANGKA KEPADA ADVOKAT FREDICHY DAN DOKTER BIMANESH SUTARDJO #POLISI TANGKAP PELAKU PEMBAKARAN ISTANA SIAK RIAU
Iklan Kiri KIRI BARIS KE 1 PRAY FOR GAZA
Iklan Kiri KIRI BARIS KE 2 TIMNAS U16 JUARA
Iklan Kiri KIRI BARIS KE 3 DADU PARPOL
Iklan Kiri KIRI BARIS KE 4 PASANG IKLAN HUBUNGI
Iklan Kiri KIRI BARIS 5 STOP HOAX
Iklan Kiri kIRI Baris ke 6 HUT RI
Iklan Kiri kIRI baris 7 iklan KPU pusat DCS
Iklan Kiri KIRI BARIS KE 8 VIDEO DOKNEWS
Iklan Kiri KIRI BARIS KE 9  kertas suara pemilu presiden
Hukum dan Kriminal

Polres Brebes Ringkus Pembobol ATM Bermodal Tusuk Gigi

Hukum dan Kriminal Polres Brebes Ringkus Pembobol ATM Bermodal Tusuk Gigi
Polres Brebes Ringkus Pembobol ATM Bermodal Tusuk Gigi
Foto :
Brebes, dokNews.com - Tim Resmob Satreskrim Polres Brebes berhasil menangkap tiga anggota sindikat pembobolan ATM dengan modus mengganjal lubang kartu menggunakan tusuk gigi. Dua orang ditembak di bagian kaki lantaran melawan saat ditangkap di sebuah hotel di kawasan Bekasi.

Ketiga pelaku tersebut antara lain Darmawan (40) warga Subang, Ahmadi (39) warga Palembang dan, Hermansyah (41) warga Bekasi.

Kawanan pelaku tersebut sudah beraksi sebanyak 50 kali lebih di beberapa kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Lampung. Dengam perolehan hasil kejahatan hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Wakapolres Kompol M Faisal Perdana mengatakan, para pelaku ditangkap di sebuah tempat persembunyianya di wilayah Bekasi pada Kamis dini hari tadi.

Kawanan sindikat pembobol ATM telah beraksi di lima tempat di wilayah Brebes sebelum akhirnya ditangkap. Terakhir kali, mereka beraksi di ATM BRI dekat RS Muhammadiyah Siti Aminah Jatisawit, Bumiayu, Brebes.

"Jadi modus para pelaku melakukan pembobolan dengan memasukkan tusuk gigi ke dalam lubang kartu di sebuah mesin ATM. Pengakuan mereka (pelaku) sudah melakukan aksinya di 50 lokasi berbeda," ucap M Faisal di Mapolres Brebes.

Ia menjelaskan, modus operandi pembobolan ATM ini dilakukan dengan mengganjal lubang kartu, setelah kartu ATM milik korban seolah tertelan mesin, keadaan tersebut langsung dimanfaatkan parapelaku untuk beraksi.

Mereka berpura-pura menolong korban yang kebingungan lantaran kartu ATM-nya tertelan mesin. Sebelumnya, para pelaku sudah menyiapkan kartu ATM kosong yang mirip dengan milik korban.

"Satu orang bertugas mengawasi keadaan dari luar, satunya lagi memasang perangkap, satu orang memperhatikan PIN milik korban. Pelaku Agus alias Kyai ini punya keahlian menghafal PIN hanya dengan melihat gerakan tangan korban saat memencet angka," ungkapnya.

Mereka memanfaatkan kelengahan korban, kartu ATM yang tadinya sudah disiapkan pelaku diberikan kepada korban.

"Korban tidak sadar kalau kartu yang diberikan itu bukan miliknya, melainkan kartu ATM kosong yang sudah disiapkan pelaku," jelasnya.

Setelah korban pergi, pelaku lalu mengeluarkan kartu ATM milik korban. Pelaku pun leluasa melakukan aksi pembobolan ATM milik korban.

"Berbagai alat bukti sudah kita amankan, seperti 42 buah kartu atm, 4 telepon seluler, satu unit mobil, 2 buah topi warna hitam, 1 buah kacamata hitam dan satu buah lem MX Bond," katanya.

Wakapolres membebeberkan, dari hasil kejahatan komplotan sindikat pembobol ATM di wilayah Bumiayu Brebes menimbulkan kerugian korban mencapai Rp 80 juta.

Selain di gerai Bumiayu, para komplotan sindikat pembobolan ATM ini juga beraksi di gerai ATM salah satu mini market di Desa Kluwut Bulakamba, Brebes dengan uang hasil kejahatan senilai Rp 20 juta. Kemudian di mini market Alun-Alun Brebes Rp 40 juta. Mini market Brebes Kota hasil Rp 15 juta, dan mini market Pejagan Tanjung Rp 20 juta.

"Mereka diancam dengan pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan dengan amcaman pidana 9 tahun kurungan penjara," ungkapnya.

Selain di wilayah Brebes, kawanan sindikat pembobolan ATM ini beraksi dibeberapa lokasi diantaranya Pekalongan 1 TKP, Banyumas 3 TKP, Pemalang 1 TKP, Bekasi/ Bekasi kota 10 TKP, Cilacap 1 TKP, Cirebon kota 2 TKP, Lampung 1 TKP, Makasar 1 TKP, Batang 1 TKP, Pekalongan kota 1 TKP dan Semarang 2 TKP.

Sementara pelaku Darmawan mengakui telah melakukan aksi pembobolan ATM dibeberapa lokasi di wilayah Brebes.

"Saya lupa berapa kali lakukan aksi pembobolan itu, karena sudah banyak tempat. Satu ATM biasanya bisa dapat antara lima sampai puluhan juta tergantung saldo korban," ungkapnya menambahkan.

Sumber: Liputan6
Iklan Tengah Iklan Tengah

RELATED POST

RELATED POST
Pulang Dari Rumah Pacar Seorang Pelajar Tewas Tersambar Kereta ApiPulang Dari Rumah Pacar, Seorang Pelajar Tewas Tersambar Kereta Api
Hukum dan Kriminal
04 Jan 2018
Seorang Pelajar (16) tahun tertabrak kereta Api Purwojaya jurusan Kroya- Gambir sekitar pukul 17.34 di Kalijurang Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, Kamis (4/1) sore tadi, bernama Tati Marda Binti Zabidin seorang pelajar MTs Ittihadiyah Kalijurang Kelas 9 (sembilan) RT. 01 RW. 05 Kalijurang.
Iklan Kanan 1
Iklan Kanan 2
Iklan Kanan 3
Iklan Kanan 4
Iklan Kanan 5 kosong
Iklan Kanan 6 stop narkoba
Iklan Kanan 7brebes
Iklan Kanan 8bendera
Iklan Kanan 9NKRI
Iklan Tengah Iklan Bawah 1
Iklan Tengah Iklan Bawah 2
 Newsletter 02 list
Newsletter
Don’t Miss Out. Subscribe to Our Weekly Newsletter